Pejabat Keuangan Pemerintah
Asosiasi dari Amerika Serikat dan Kanada adalah organisasi profesional pejabat
publik bersatu untuk meningkatkan dan mempromosikan manajemen profesional
sumber daya keuangan pemerintah dengan mengidentifikasi, mengembangkan dan
memajukan strategi fiskal, kebijakan, dan praktek untuk kepentingan publik.
Untuk lebih tujuan tersebut, aparat
pemerintah membiayai semua diperintahkan untuk mematuhi standar hukum, moral,
dan profesional perilaku dalam pemenuhan tanggung jawab profesional mereka.
Standar perilaku profesional sebagaimana diatur dalam kode ini diwujudkan dalam
rangka meningkatkan kinerja semua orang yang terlibat dalam keuangan publik.
I. Pribadi Standar
petugas pembiayaan Pemerintah harus
menunjukkan dan didedikasikan untuk cita-cita tertinggi kehormatan dan
integritas dalam semua hubungan masyarakat dan pribadi untuk mendapat rasa
hormat, kepercayaan, dan keyakinan yang mengatur pejabat, pejabat publik
lainnya, karyawan, dan masyarakat.
• Mereka harus mencurahkan waktu,
keterampilan, dan energi ke kantor mereka baik secara independen dan bekerja
sama dengan profesional lainnya.
• Mereka harus mematuhi praktek
profesional disetujui dan standar yang dianjurkan.
II. Tanggung jawab
sebagai Pejabat Publik
petugas pembiayaan Pemerintah harus mengakui dan bertanggung
jawab atas tanggung jawab mereka sebagai pejabat di sektor publik.
• Mereka harus sensitif dan responsif terhadap hak-hak
publik dan kebutuhan-kebutuhannya berubah.
• Mereka harus berusaha untuk memberikan kualitas kinerja
tertinggi dan nasihat.
• Mereka akan bersikap bijaksana dan integritas dalam
pengelolaan dana dalam tahanan mereka dan dalam semua transaksi keuangan.
• Mereka harus menjunjung tinggi baik surat dan semangat
undang-undang, konstitusi, dan peraturan yang mengatur tindakan mereka dan
melaporkan pelanggaran hukum kepada pihak yang berwenang.
III. Pengembangan
Profesional
petugas pembiayaan Pemerintah
bertanggung jawab untuk menjaga kompetensi mereka sendiri, untuk meningkatkan
kompetensi kolega mereka, dan untuk memberikan dorongan untuk mereka yang ingin
memasuki bidang keuangan pemerintah. petugas Keuangan harus meningkatkan
keunggulan dalam pelayanan publik.
IV. Integritas
Profesional – Informasi
petugas pembiayaan Pemerintah harus
menunjukkan integritas profesional dalam penerbitan dan pengelolaan informasi.
• Mereka tidak akan sadar tanda, berlangganan, atau
mengizinkan penerbitan pernyataan atau laporan yang berisi salah saji atau yang
menghilangkan fakta material apapun.
• Mereka harus menyiapkan dan menyajikan laporan dan
informasi keuangan sesuai dengan hukum yang berlaku dan praktek yang berlaku
umum dan pedoman.
• Mereka harus menghormati dan melindungi informasi rahasia
yang mereka memiliki akses berdasarkan kantor mereka.
• Mereka harus sensitif dan responsif terhadap pertanyaan
dari masyarakat dan media, dalam kerangka kebijakan pemerintah negara bagian
atau lokal.
V. Integritas
Profesional – Hubungan
petugas pembiayaan Pemerintah harus
bertindak dengan kehormatan, integritas, dan kebajikan dalam semua hubungan
profesional.
• Mereka harus menunjukkan kesetiaan dan kepercayaan dalam
urusan dan kepentingan pemerintah yang mereka layani, dalam batas-batas Kode
Etik ini.
• Mereka tidak akan sadar menjadi pihak atau membiarkan
aktivitas ilegal atau tidak layak.
• Mereka harus menghormati hak, tanggung jawab, dan
integritas dari rekan-rekan mereka dan pejabat publik lainnya dengan siapa
mereka bekerja dan asosiasi.
• Mereka harus mengatur semua hal personil dalam lingkup
kewenangan mereka sehingga keadilan dan ketidakberpihakan mengatur keputusan
mereka.
• Mereka akan mempromosikan kesempatan kerja yang sama, dan
dengan berbuat demikian, menentang diskriminasi, pelecehan, atau praktik yang
tidak adil lainnya.
VI. Konflik
Kepentingan
petugas pembiayaan Pemerintah harus
secara aktif menghindari munculnya atau kenyataan benturan kepentingan.
• Mereka harus melaksanakan tugas mereka tanpa bantuan dan
harus menahan diri dari terlibat dalam hal-hal di luar kepentingan keuangan
atau pribadi yang tidak sesuai dengan kinerja tidak memihak dan tujuan tugas
mereka.
• Mereka tidak akan, secara langsung atau tidak langsung,
mencari atau menerima keuntungan pribadi yang akan mempengaruhi, atau tampaknya
mempengaruhi, pelaksanaan tugas resmi mereka.
• Mereka tidak akan menggunakan milik umum atau sumber daya
untuk keuntungan pribadi atau politik.
sumber:
http://iqbalhabibie.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/31023/9+STANDARDISASI+PROFESI+TEKNOLOGI+INFORMASI.pdf. http://faridovic89.blogspot.com/2011/05/model-dan-standar-profesi-di-eropa.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar